Penampakan Donat di Langit

Thursday, June 02, 2011

Share this article on :
Penampakan Donat di Langit
Youtube
 
Fenomena penampakan bentuk donat di angkasa di langit Belgia ditangkap oleh radar cuaca baru-baru ini. Sebelumnya, fenomena yang sama juga pernah ditangkap di Australia pada tahun 2010.

Apa sebenarnya donat angkasa itu? Beberapa orang sempat menyangkanya UFO. Tapi, itu bukan UFO. Donat itu ialah fenomana alam biasa yang disebabkan oleh salju yang mencair di atmosfer.

Marc Dantonio, analis foto dan video dari Mutual UFO Network, mengatakan bahwa donat itu disebut melting circle, terjadi di wilayah yang luas sehingga membentuk anomali berbentuk cincin.

Ketika menangkap citra salju yang mencair, radar tak bisa menangkap area yang berada persis di atas antena, disebut "cone of silence". Akibatnya, terbentuk citra serupa donat dengan bagian tengahnya yang seolah berlubang. "Radar hanya bisa menangkap bagian luar dari wilayah yang bisa dijangkau, yaitu bagian luar dari donat itu. Sementara, bagian dalam tergantung dari sudut radar mengarah ke angkasa," ucap Dantonio yang organisasinya berupaya memecahkan teka-teki UFO.

Fenomena donat ini hanya bisa diamati pada layar radar cuaca. donat tampak besar pada layar sebab radar memiliki range ukuran yang baik. Jika radar berada di gunung, donat mungkin tampak lebih besar, dengan lubang yang lebih besar pula.

Citra donat angkasa ini hanya tampak sekejap saja di layar radar karena radar hanya mengemisikan sinyal setiap tujuh detik setiap jamnya.

Fenomena donat ini hanya satu dari banyak fenomena akibat cuca yang bisa ditangkap oleh radar. Menurut Dantonio, fenomena ini tak seharusnya diidentikkan dengan UFO, tetapi mestinya dinamai IRA (Identifiable Radar Anomalies). (Yunanto Wiji Utomo)
Sumber: Kompas.com

Related Post

No comments:

Post a Comment

 
© Copyright 2010-2011 donatZone.
Template Design by Herdiansyah Hamzah | Published by Borneo Templates | Powered by Blogger.com.